Perpanjangan Paspor Anak di Imigrasi BSD

Alhamdulillah..perpanjangan paspor kini lebih mudah!
Cuma 4 hari kerja aja, cusss…udah selesai!
Mudaahh bangettt kok diurus sendiri..
Biayanya Rp 355.000 selesai dalam 4 hari kerja!

Aduh beda banget yaaa…dengan 5 tahun ke belakang!
Bahkan tahun lalu pun, aku dan suami, masih harus antri dari Shubuh…xixiixix
Kalau pun mau mudah dengan pengurusan paspor online, kami harus jauhhh sekali menuju Jakarta! xiixiixix..
Sekarang…. gak perlu se-merana itu lagiii…!
Alhamdulillah, mudahhh bangett!!!

Nah aku jelaskan dikit prosesnya yaa, khusus buat Anda yang di Tangsel..

โœ… WhatApp Penjadwalan Layanan Paspor Unit Layanan Paspor (ULP) BSD Tangerang
Nomornya: +6281221700044
Aku sarankan, kalian kirim WA dengan format dibawah pada hari Jum’at sore mulai jam 17.05 WIB.

Karena kalau kalian kirim di hari lain, biasanya server error!! Aku pernah alami..
Jadi paling aman ya Jum’at sore mulai jam 17.05 dan TENTUKAN SENDIRI mau tanggal berapa pengurusannya ๐Ÿ˜Š

โœ… Fitur layanan:
๐Ÿ”ธ Untuk mengajukan penjadwalan layanan paspor ketik:

#NAMA#TGLLAHIR (DDMMYYYY)#TGLLAYANAN (DDMMYYYY)

atau

#NAMA
#TGLLAHIR (DDMMYYYY)
#TGLLAYANAN (DDMMYYYY)

Contoh:
#Budi Utama#05081975#29092017

๐Ÿ”ธ Untuk mengetahui tanggal layanan yang tersedia ketik #tgllayanan
๐Ÿ”ธ Untuk mengetahui persyaratan permohonan paspor ketik #persyaratan
๐Ÿ”ธ Untuk mengetahui biaya paspor ketik #biaya
๐Ÿ”ธ Untuk mengetahui biaya paspor ketik #bayar

Kirim ke nomor whatsApp ini: +6281221700044

โœ… Perhatian:
๐Ÿ”ธ Setiap nomor WhatsApp Anda hanya dapat mengajukan penjadwalan satu kali sampai dengan tanggal layanan yang telah didapatkan.
๐Ÿ”ธ Untuk melakukan pembatalan jadwal layanan (selambat-lambatnya 1 hari sebelum jadwal kedatangan) ketik #batal

โ„น WhatsApp Penjadwalan Layanan Paspor
Unit Layanan Paspor (ULP) BSD Tangerang ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

โœ… PERSYARATAN PERMOHONAN PASPOR

Bagi Warga Negara Indonesia melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan, yang terdiri atas:

  1. Kartu tanda penduduk elektronik / surat keterangan sebagai pengganti KTP el sementara ( asli dan fotokopi );
  2. Kartu keluarga ( asli dan fotokopi );

  3. Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah ( asli dan fotokopi memuat nama, tempat tanggal lahir dan nama orang tua);

  4. Surat Pewarganegaraan Indonesia bagi orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan ( asli dan fotokopi );

  5. Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama ( asli dan fotokopi );

  6. Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa ( asli dan fotokopi );

  7. Bagi pemohon yang paspor lamanya hilang, agar melampirkan surat keterangan hilang dari kepolisian yang mencantumkan nomer paspor dan masa berlaku paspor lama yang hilang ( asli );

  8. Dokumen pendukung lainnya sesuai Surat Edaran Dirjenim No. IMI-0277.GR.02.06 Tahun 2017 tentang Pencegahan Tenaga Kerja Indonesia Non Prosedural

a. Untuk tujuan bekerja melampirkan surat rekomendasi dari dinas tenaga kerja dengan id tki yang berlaku;

b. Untuk tujuan umroh / haji melampirkan surat rekomendasi dari kantor kemenag & surat keterangan dar ipenyelenggara perjalanan ibadah umroh / haji khusus (ppiu/ppih);

c. Untuk magang (pelatihan) & bursa kerja khusus melampirkan surat rekomendasi dari ditjen pembinaan pelatihan & produktivitas, kementerian tenaga kerja;

  1. Dokumen tambahan dapat diminta kepada pemohon oleh petugas bila ditemukan keraguan saat dilakukan wawancara.

Pastikan data pada setiap dokumen sama!!!!!Jika terdapat perbedaan data pada ktp elektronik / kk dengan dokumen identitas diri agar dapat di benarkan terlebih dahulu.

Surat asli dokumen dan paspor lama (bagi yang telah memiliki paspor) harus dibawa lengkap saat pengajuan paspor

Permohonan akan ditolak bila tidak lengkap/tidak sama/tidak identik dan pembayaran permohonan paspor yang telah tersetor pada kas Negara tidak dapat dilakukan penarikan kembali.

โœ… PERSYARATAN PERMOHONAN PASPOR

Bagi anak yang Berkewarganegaraan Indonesia melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan, yang terdiri atas:

  1. Kartu tanda penduduk elektronik kedua orang tua atau surat keterangan sebagai pengganti KTP el sementara ( asli dan fotokopi );
  • Kartu keluarga ( asli dan fotokopi );

  • Akta kelahiran ( asli dan fotokopi );

  • Akta perkawinan atau buku nikah orang tua ( asli dan fotokopi );

  • Bukti/sertifikat pendaftaran kewarganegaraan ganda terbatas bagi anak subjek kewarganegaraan terbatas (asli dan fotokopi);

  • Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama ( asli dan fotokopi );

  • Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa (asli dan fotokopi);

  • Bagi yang akan melaksanakan ibadah umroh melampirkan rekomendasi dari kantor kementerian agama kabupaten / kota dan surat keterangan dari penyelenggara perjalanan ibadah umroh ( ppiu );

  • Bagi pemohon yang paspor lamanya hilang, agar melampirkan surat keterangan hilang dari kepolisian yang mencantumkan nomer paspor dan masa berlaku paspor lama yang hilang ( asli );

  • Melampirkan dan memenuhi persyaratan-persyaratan sesuai Surat Edaran Dirjen Imigrasi Nomor IMI-1562.GR.01.01 Tahun 2014:

  • o Paspor orang tua (bila anak pergi bersama orang tua ke luar negeri);

    o Surat pernyataan bermeterai cukup dari kedua orang tua yang berisi antara lain bertanggung jawab terhadap keberadaan paspor anak, keberangkatan dan kepulangannya ke indonesia (bila anak pergi bersama orang tua ke luar negeri);

    o Ktp elektronik orang yang akan membawa keluar negeri yang masih berlaku (bila anak pergi bukan bersama orang tua ke luar negeri);

    o Paspor orang yang akan membawa keluar negeri yang masih berlaku (bila anak pergi bukan bersama orang tua ke luar negeri);

    o Surat pernyataan bermeterai cukup dari kedua orang tua yang berisi antar lain: pemberian izin bagi anak untuk memperoleh paspor dan berpergian keluar negeri bersama orang lain (bila anak pergi bukan bersama orang tua ke luar negeri);

    o Surat pernyataan bermeterai cukup dari orang yang akan membawa anak, yang berisi antara lain: pernyataan bertanggung jawab terhadap keberadaan anak dan paspor yang dimilikinya, keberangkatan dan kepulangnya ke indonesia (bila anak pergi bukan bersama orang tua ke luar negeri);

    o Kedua orang tua wajib hadir pada saat wawancara (bila salah satu tidak hadir karena alasan yang dapat dipertanggung-jawabkan, salah satu orang tua yang hadir wajib melampirkan surat kuasa dari yang berhalang hadir);

    o Jika orang tua pemohon sudah bercerai lampirkan surat cerai dan hak asuh dari pengadilan. Orang tua pemegang hak asuh wajib hadir saat wawancara.

    1. Dokumen tambahan dapat diminta kepada pemohon oleh petugas bila ditemukan keraguan saat dilakukan wawancara.

    Pastikan data pada setiap dokumen sama!!!!! Jika terdapat perbedaan data pada dokumen identitas diri agar dapat di benarkan terlebih dahulu.

    Surat asli dokumen dan paspor lama (bagi yang telah memiliki paspor) harus dibawa lengkap saat pengajuan paspor

    Permohonan akan ditolak bila tidak lengkap/tidak sama/tidak identik dan pembayaran permohonan paspor yang telah tersetor pada kas Negara tidak dapat dilakukan penarikan kembali.

    โ„น WhatsApp Penjadwalan Layanan Paspor Unit Layanan Paspor (ULP) BSD Tangerang ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

    Catatan Penting:

    Untuk hindari diri dari bolak balik, saranku, datang sehari sebelumnya ke kantor Imigrasi, ambil formulir perpanjangan. Bisa minta perwakilan kita kok buat ambil formulir. Ada biaya Rp 3.000 untuk map-nya. Dan siapkan ballpoint TINTA HITAM untuk mengisi formulirnya.

    Lalu datang di hari layanan, dengan formulir yang sudah diisi dan semua dokumen yang dibutuhkan sudah siap. Bawalah dokumen asli dan fotokopinya.

    Untuk fotokopi, kalian harus siapkan formatnya kayak gini.

    Keterangan foto:

    1. Fotokopi paspor lama di kertas A4.
  • Fotokopi surat nikah suami istri dalam 1 lembar kertas A4.

  • Fotokopi paspor suami istri dalam 1 lembar kertas A4.

  • Fotokopi eKTP suami istri salam 1 lembar kertas A4.

  • Fotokopi kartu keluarga, akte kelahiran, ijazah terakhir, dll, harus di lembar kertas A4.

  • Nah, demikian sekilas infoku temen-temen…semoga bermanfaat yaaa…๐Ÿ˜Š

    #puterimiranti
    #paspor
    #pasporanak

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s